Apa itu Facebook Pixel?

Others

Pada jaman sekarang, teknologi sudah serba maju dan perkembangannya pun tidak akan bisa dicegah. Mengulas tentang salah satu teknologi media social memang tidak pernah ada habisnya, contohnya saja adalah facebook. Facebook selalu menyediakan fitur yang dapat membuat para penggunanya selalu mempunyai alasan untuk tidak beranjak pergi. Memang banyak sekali fitur yang ada, namun pada artikel kali ini kita akan membahas tentang apa yang dimaksud gengan Facebook Pixel? Sudahkah anda tau dengan hal tersebut? Jika belum mari kita bahas lebih lanjut. sebelum itu jika anda ingin menggunakan jasa iklan facebook klik saja link berikut https://www.sribu.com/id/cat/jasa-iklan-facebook

 

Facebook Pixel merupakan sebuah kode (javascript) yang diletakkan pada sebuah laman website dengan fungsinya untuk mencatat atau merekam data pengunjung yang dating mengunjungi website anda. FB Pixel ini sebenarnya memiliki cara kerja yang sama dengan kode website stats atau tracker online lainnya, seperti Histats, Google Analytics, Sitemeter, dan lainnya. Namun yang membedakan adalah fitur ini tidak hanya mencatatat data kunjungan, melainkan juga sebagai bahan baku dalam membuat website custom audience, salah satu audience yang paling powerful di Facebook.

 

Konsep Dasar Facebook Pixel

Dengan meletakkan fitur ini pada sebuah laman website, maka kita tidak akan menyia-nyiakan waktu kita untuk sebuah kunjungan. Setiap pengunjung yang datang, baik melalui organic maupun paid ads (termasuk FB ads), akan direkam dan dikumpulkan menjadi audiens khusus. Mengapa disebut audiens khusus? Karena mereka sudah pernah mengunjungi website kalian sebelumnya. Bisa dikatakan bahwa orang-orang tersebut setidaknya memiliki minat dan ketertarikan dengan konten yang kita miliki dibandingkan jenis audience lain yang dipilih secara acak.

 

Kegunaan

  1. FB Pixel untuk Smart Retargeting

Salah satu kegunaannya adalah untuk melakukan retargeting. Karena audience yang ada dalam facebook benar-benar orang yang acak dan tidak dapat dipilih secara spesifik.

 

  1. Retargeting

Tanpa Pixel, kita tidak akan pernah bisa melakukan retargeting, karena kita tidak pernah tahu siapa saja yang pernah berkunjung ke website yang anda miliki. Kelebihan dari pixel ini adalah ia dapat mengatur custom audience memanfaatkan pixel, namun tak hanya sampai disitu, ia  masih dapat melakukan hal-hal yang lainnya, sebagai berikut.

 

  • Untuk mendeteksi dan mengetahui kunjungan di setiap laman atau url website kita berdasarkan permalinks, keywords, dan targetnya pun dapat terpisah.

 

  • Untuk mendeteksi dan mengetahui kunjungan dalam jangka waktu tertentu, dan fungsinya adalah sebagai reminder atau pengingat visitor yang pernah berkunjung ke website kita sebelumnya.

 

  • Memisah para audience berdasarkan laman atau url dan melakukan include dan exclude audience sehingga tidak akan terulang dan menjual kepada orang yang sudah membeli ataupun sebaliknya.

 

Begitulah dengan yang dimaksud dengan Facebook Pixel. Jika anda sedang membuat laman website atau landing page, sebaiknya anda menggunakan fitur ini karena jika tidak, anda hanya membuang kesempatan emas yang ada serta membuang waktu anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *