Apa Itu Instagram Ads dan Keunggulannya?

Others

Instagram menjadi platform media sosial yang sudah tidak asing lagi di telinga orang-orang di seluruh dunia. Sekarang sudah mencapai 1 miliyar lebih penggunanya. Data ini bagi para pebisnis online menjadi peluang besar yang menguntungkan untuk memasarkan produk/jasa mereka untuk dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan yang potensial.

Dengan menyadari adanya peluang komersil yang bisa diperoleh tersebut, IG kemudian meluncurkan fitur terbaru yaitu Instagram Ads di bulan Oktober 2013. Tanpa membutuhkan waktu panjang, fitur ini segera dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis sebagai bagian dari strategi sosial media marketingnya. 4 tahun setelah Instagram Ads rilis ke pasaran, tepatnya di bulan Maret 2017, IG kini sudah memiliki 1 juta lebih pengiklan aktif.

Ada banyak alasan mengapa Instagram Ads begitu banyak digandrungi oleh pelaku bisnis online. Kita bahas saja 4 keunggulannya.

Keunggulan yang pertama yaitu iklan yang ditampilkan pada Instagram Ads tidak terkesan agresif seperti yang ditampilkan oleh platform medsos lainnya. Anda akan melihat iklan instagram tersebut seperti layaknya postingan foto atau video yang biasa Anda lihat pada akun teman Anda.

Keunggulan yang kedua dapat mengadopsi sistem targeting yang serupa dengan yang diterapkan oleh medsos Facebook, yang memungkinkan pengguna untuk bisa mendapatkan informasi tentang target market secara spesifik mungkin yang meliputi lokasi, usia, jenis kelamin, hobi, dan lain sebagainya.

Keunggulan yang ketiga yaitu Instagram Ads menyediakan beberapa jenis variasi format iklan dari mulai foto, video, dan juga carousel.

Keunggulan yang keempat dari Instagram Ads yang begitu signifikan pengaruhnya dalam promosi yaitu tersedianya fitur untuk meningkatkan engagement yang terdiri dari tombol seperti follow, kunjungi situs web, atau download aplikasi. Menarik bukan?

Anda pasti sudah mendengar berita yang viral di tahun 2012 di mana Facebook berhasil mengakuisisi IG. Akuisisi tersebut mengakibatkan seluruh pengaturan iklan yang tersedua di IG menjadi terintegrasi dengan pengaturan iklan yang ada di medsos Facebook. Di mulai dari saat itu juga, Anda harus menggunakan fitur Power Editor yang ada di Facebook yang berfungsi untuk mengatur budgeting, scheduling, dan pengaturan lainnya yang berhubungan dengan pemasangan iklan di IG. Bagi Anda yang mungkin baru mengenal Instagram Ads, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu istilah-istilah seperti Ads Manager, Power Editor, dan Business Manager supaya Anda tidak kesulitan dalam mempromosikan produk/jasa Anda di IG :

Ads Manager

Ads Manager merupakan aplikasi iklan dari Facebook yang berfungsi untuk membuat dan mengelola Facebook serta Instagram Ads secara bersamaan. Aplikasi ini mempunyai fitur yaitu dapat menciptakan iklan, menjalankan iklan, melakukan targeting, menentukan anggaran/modal iklan, menunjukkan kinerja iklan (performance ads), dan menunjukkan ringkasan/rangkuman riwayat, serta informasi metode pembayaran iklan.

Power Editor

Power Editor merupakan aplikasi iklan dari Facebook yang dirancang agar setiap pengiklan berskala besar dapat langsung membuat, mengedit, dan menerbitkan beberapa iklan dengan satu kali klik. Aplikasi ini juga memungkinkan pengiklan dapat mengontrol kampanye yang mereka buat. Kemudian juga terdapat beberapa fitur di antaranya seperti mengelola, membuat, menduplikasi, dan mengedit banyak iklan sekaligus dari satu akun dalam satu waktu. Kemudian Power Editor juga mampu mengimport iklan menggunakan Excel. Anda cuma mendownload template yang disediakan lalu mengisi informasi yang dibutuhkan untuk iklan yang Anda buat. Anda juga dapat dengan mudah untuk menemukan kampanye dan iklan di sini dengan memanfaatkan fitur pencarian dan filter yang disediakan.

Business Manager

Business Manager merupakan aplikasi Facebook yang biasa digunakan untuk beriklan. Antara Business Manager dengan akun Facebook berdiri sendiri ya, jadi satu akun Facebook bisa mempunyai beberapa Business Manager. Fitur ini mempunyai sifat good standing di mana satu Business Manager mampu untuk memuat lebih dari 10 iklan. Fitur yang tersedia dari Business Manager yaitu anda bisa membuat dan mengelola lebih dari 1 Ads Manager, ini memungkinkan Anda untuk melimpahkan wewenang kepada Ad Account, Pixel Person, Page Person, dan lainnya, unggul dari segi waktu release fitur-fitur advertising, serta menggunakan pilihan pembayaran yang berbeda dengan Facebook sebagai upaya menghindari error.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *