Cara Disavow Backlink Mudah yang Perlu Diketahui

Cara Disavow Backlink Mudah yang Perlu Diketahui

Others

Backlink dipergunakan untuk mengoptimalkan SEO. Sayangnya, tidak semua backlink tersebut berkualitas. Ada yang baik dan ada yang buruk sehingga cara disavow backlink perlu dilakukan.

Bagaimana Jika Bad Backlink DIbiarkan?

Konten dengan kualitas backlink yang rendah perlu dihilangkan. Kenapa? karena ini akan berpengaruh pada kualitas website yang Anda kelola.

Namun, tidak semua backlink yang buruk itu berasal dari kualitas kontennya. Bisa saja karena website yang digunakan memiliki kualitas yang rendah, konten tidak relevan dan anchor text yang tidak sesuai.

Jika Anda menemukan backlink kriteria tersebut maka akan lebih baik untuk segera dihilangkan atau ‘diputus’. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Google Disavow Link untuk menolak link yang mengarah ke situs Anda.

Cara Disavow Backlink Mudah yang Perlu Diketahui
Cara Disavow Backlink Mudah yang Perlu Diketahui

Cara Disavow Backlink

Untuk disavow backlink, Anda bisa menggunakan Google Disavow backlink. Sebelum Anda menggunakannya, maka Anda harus mencatat terlebih dahulu daftar backlink yang ingin Anda tolak. Karena hal ini, ANda harus memiliki data backlink mana saja yang kurang baik kualitasnya.

Bagaimana cara cek backlink? Anda bisa menggunakan tools seperti AHrefs, SEMRush, Moz, Majestic ataupun yang lainnya. Jika sudah tahu, tuliskan semua bad backlink ke notepad Anda dengan ketentuan:

  • Format untuk menghapus per url: http://contohsaja.com/stuff/brokenlink.html
  • Format untuk menghapus semua backlink yang ada di  1 website, misalnya karena website kualitasnya rendah yaitu domain:contoh website.com.

Jika sudah Anda tuliskan semuanya, kemudian simpan dengan format .txt.

Kemudian, lakukan tahapan berikut ini:

  • Masuk ke akun google search console yang Anda miliki.
  • Kemudian klik disavow link.
  • Upload daftar dari bad backlink yang sudah Anda tulis daftarnya.
  • Klik submit lalu selesai.

Untuk memproses permintaan Anda ini, Google perlu waktu hingga beberapa minggu. Jadi, jangan berharap kalau bad backlink yang Anda disavow akan langsung hilang ya. Tunggu beberapa minggu dan kemudian cek backlink yang Anda disavow.

Trik agar Tidak Perlu Disavow Link

Karena butuh waktu lama, tentunya akan membuang waktu Anda untuk optimasi SEO. Oleh sebab itu, agar Anda tidak mengeliminasi banyak bad backlink ke website Anda, ada trik seperti berikut yang bisa Anda lakukan.

  • Pastikan website yang Anda gunakan untuk backlink tersebut memiliki kualitas yang baik. Jangan lupa cek PA dan DA dari website tersebut sebelum Anda menanamkan backlink.
  • Perbaiki kualitas konten yang Anda gunakan.
  • Cek apakah link yang Anda gunakan tersebut relevan atau berkaitan dengan website yang akan Anda gunakan.
  • Gunakan anchor text yang tepat.
  • Menggunakan jasa backlink pbn.

Itulah cara disavow backlink untuk mengatasi bad backlink agar tidak berpengaruh ke penurunan ranking dan kualitas website Anda. Semoga informasi ini bermanfaat ya untuk Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *