Tips untuk Mengetik 10 Jari dengan cepat

Others

jasa ketik online – Pada saat ini banyak orang yang menempuh kursus hanya untuk bisa menguasai cara mengetik dengan cepat menggunakan keyboard. Didalam kursus tersebut, orang- orang yang mengikuti akan diajarkan bagaimana cara untuk mengeik menggunakan 10 jari yang dapat mempercepat proses mengetik. Namun dalam mengetik tentunya tidak dapat hanya mengandalkan kecepatan dan 10 jari saja. Dalam suatu studi, orang orang yang kursus untuk mengetik dengan 10 jari agar dapat mengetik dengan cepat ternyata mempunyai kecepatan yang sama dengan orang yang belajar otodidak dengan hanya menggunakan 6 jari.

Dengan begitu, banyaknya jari yang digunakan tidak dapat dijadikan patokan sebagai cepatnya dalam mengetik, namun posisi yang benarlah yang dapat menentukan kecepatan karena akan membuat orang- orang menekan lebih banyak tombol.

Data tersebut juga menunjukkan bahwa factor lain yang sangat berpengaruh dalam mengetk, seperti posisi tangan, jumlah huruf yang digunakan di jari yang sama. Namun bagi anda yang ingin mengetahui cara mengetik dengan 10 jari dengan cepat dan akurat, anda dapat mempraktekkan cara-cara dibawah ini untuk memaksimalkan kecepatan dalam mengetik anda.

 

Perhatikan letak jari tangan kanan pada keyboard

Jari memiliki peran penting dalam melakukan mengetik 10 jajri. Karena tiap jari yang dimiliki sudah memiliki tempat sendiri agar dapat memaksimalkan kecepatan dan ketepatan dalam mengetik 10 jari. Namun hal tersebut biasanya mejadi kendala yang sering dialami oleh orang- orang, jadi anda perlu memperhatikan tempatnya masing- masing

  • Telunjuk : Jari telunjuk harus di letakkan pada tombol huruf J, H, U, Y, M, N, 7 dan 6
  • Jari Tengah : Jari tengah Bertugas menekan huruf K, I, koma (,) / tanda lebih kecil () serta Alt
  • Kelingking :  Jari kelingking diletakkan pada tombol keyboard yang ada di sebelah kanan, selain dari yang telah disebutkan di atas, yaitu mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku { } / [ } , garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya  ( ? ) / tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen) serta Shift dan Ctrl kanan.
  • Jempol : Jari jempol fokus pada spasi. Khusus yang ini baru digunakan kalau salah satu dari jari kiri yang terakhir kali menekan tombol. Jadi prinsip kerjanya dibuat bersilang dengan jempol kiri.

 

Perhatikan jari kiri anda pada keyboard

Selain jari pada tangan kanan, tentunya anda memerlukan jari- jari yang terdapat pada tangan kiri untuk mendapatkan tambahan 5 jari agar jadi 10 jari. Untuk orang- orang kidal tentunya akan mudah dalam menggerankkan jari- jari pada tangan kiri, namun sebaliknya bagi orang yang tidak kidal.

  • Telunjuk : Jari telunjuk sebelah kiri berfungsi untuk mengetik huruf F, R, V, G, T, B, angka 4 dan 5,
  • Jari Tengah : Jari tengah sebelah kiri digunakan untuk huruf D, E, C, dan angka 3.
  • Jari Manis : Jari manis digunakan untuk huruf S, W, X, dan 2.
  • Kelingking : Sedangkan kelingking sebelah kiri diletakkan pada hurud  A, Q, Z, 1, Alt dan selain yang disebut, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela / Windows.
  • Jempol : Adapun jempok diletakan pada Menekan pada spasi. Rumusnya, bila jari di tangan kanan yang terakhir menekan tombol maka baru menggunakan Jempol kiri ini dan demikian sebaliknya.

 

Selain dengan cara meetakkan masing- masing jari pada tempatnya, anda harus sering berlatih, lalu memperhatikan posisi duduk dan badan saat mengetik, serta hilangkan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu performa anda dalam mengetik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *