Karakteristik dan Pengertian Desain Interior Victorian

Karakteristik dan Pengertian Desain Interior Victorian

Property

Sekilas, baik interior ataupun eksterior gaya victorian, hampir sama dengan gaya klasik. Ini karena keduanya memberikan kesan mewah  dan elegan. Namun sebenarnya, apa pengertian desain interior victorian dan bagaimana karakteristiknya?

Desain Interior Victorian

Pengertian desain interior victorian adalah interior yang mengadopsi gaya khas dari kerajaan Inggris. Alhasil, kesan mewah sangat terlihat terutama untuk bagian interiornya.

Gaya rumah victoria sudah ada sejak pertengahan abad hingga akhir abad ke-19. Dinamakan victorian karena mengacu pada kekuasaan ratu Victoria.

Pada masa tersebut, Victoria digunakan untuk bangunan konstruksi desain bangunan dan model furniture. Di tahun 90an, rumah bergaya victoria sudah tidak terlalu banyak digunakan. Walaupun begitu, gaya victorian masih diaplikasikan terutama untuk rumah mewah.

Karakteristik Interior Victorian

Untuk mendapatkan interior victorian yang menarik, Anda bisa menggunakan jasa desain interior yang handal. Namun, jika Anda ingin mengenal lebih dekat mengenai interior victorian, simak karakteristiknya berikut ini:

  • Dominasi Warna Kuning Gading dan Putih

Interior victorian memiliki dominasi warna kuning gading dan putih. Untuk kesan mewah, warna emas juga kerap digunakan dan dipadukan dengan warna tanah, misalnya coklat.

Untuk tambahan, Anda bisa menggunakan warna alam. Misalnya hijau tua merah tua, ungu.

  • Wallpaper dan Ornamen

Sesuai dengan pengertian desain interior victorian, maka tidak heran jika Anda menemukan banyak ornamen dan wallpaper. Wallpaper, gornen, sarung bantal, kain pelapis furnitur biasanya menggunakan pola tertentu. Mulai dari dedaunan, bunga, kupu-kupu dan burung.

Untuk ukuran, misalnya gorden, rumah bergaya victorian cenderung menggunakan gorden yang panjang menjuntai. Dengan begitu, rumah menjadi terlihat lebih elegan.

  • Furniture Sederhana, Tinggi, Ramping

Walaupun gaya victorian terkesan mewah, tetapi untuk furniture, umumnya menggunakan bentuk yang sederhana, melengkung, ramping dan tinggi. Untuk kesan mewah, furniture dilengkapi dengan bingkai cermin besar, ukiran yang detail dan handmade.

Karakteristik dan Pengertian Desain Interior Victorian
Karakteristik dan Pengertian Desain Interior Victorian

Tidak hanya untuk furniture, rumah dengan interior victorian cenderung menggunakan aksesoris seperti lampu gantung, bingkai, cermin yang dilengkapi dengan ukiran.

Sedangkan bahan yang digunakan untuk furniture, umumnya terbuat dari kombinasi kayu solid dan potongan logam atau besi. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan mewah terhadap rumah yang dihuni.

  • Keindahan yang Utama

Umumnya, konsep interior lebih mengutamakan fungsi dibandingkan estetika. Namun, hal tersebut berbanding terbalik dengan victorian interior.

Konsep gaya victoria lebih mengutamakan estetika dibandingkan dengan interiornya. Jadi, jangan heran ketika rumah bergaya victorian cenderung lebih estetik dengan banyak fitur dan ornamen mewah seperti lampu gantung besar.

Itulah karakteristik pengertian desain interior victorian yang perlu Anda tahu. Dengan begitu, Anda bisa tahu dan mempertimbangkan apakah akan menggunakan konsep victorian untuk rumah Anda atau tidak. Jika iya, maka konsultasikan dengan desainer interior professional ya agar Anda tahu apa yang harus dipersiapkan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *